Makalah Seni Rupa di Arab Saudi

Written By Muh. Arifuddin on Saturday, October 5, 2013 | 10:29 AM

BAB II
PEMBAHASAN
BENTUK DAN JENIS KARYA SENI RUPA DI ARAB SAUDI


A.  Pengertian Seni

Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kata seni berasal dari kata "sani" yang artinya "Jiwa Yang Luhur atau Ketulusan jiwa". Dalam bahasa Inggris dengan istilah "ART" (artivisial) yang artinya adalah barang atau karya dari sebuah kegiatan. Konsep seni terus berkembang sejalan dengan berkembangnya kebudayaan dan kehidupan masyarakat yang dinamis. Beberapa pendapat tentang pengertian seni :

Ø Ensiklopedia Indonesia : Seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena keindahan bentuknya, orang senang melihat dan mendengar,

Ø Aristoteles : Seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu,

Ø Ki Hajar Dewantara : Seni adalah indah, menurutnya seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia lainnya.

Ø Akhdiat K. Mihardja : Seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan kenyataan dalam sesuatu karya, yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani sipenerimanya.

Ø Erich Kahler : Seni adalah suatu kegiatan manusia yang menjelajahi, menciptakan realitas itu dengan symbol atau kiasan tentang keutuhan "dunia kecil" yang mencerminkan "dunia besar"

Seni Rupa adalah cabang seni yang mengekspresikan pengalaman estetik manusia lewat unsur-unsur rupa ke dalam media dua atau tiga dimensi.



B.   Bentuk Karya Seni Rupa

Berbagai  karya  seni  rupa  di  sekeliling  kita,  memiliki  banyak  macam ragamnya. Keragaman  tersebut  dapat  terluhat  dari  bentuknya, warnanya,  bahan bakunya, alat pembuatannya, fungsinya atau pemanfaatannya. Dari begitu banyak ragamnya  tadi,  para  ahli  membuat  penggolongan  tentang  jenis-jenis  karya  seni rupa.

Penggolongan  atas  jenisnya  adalah  pembedaan  antara  karakteristik  karya yang  satu  dengan  yang  lainnya.  Misalnya  pada  binatang,  penggolongan  dapat didasarkan  pada  jenis  kelamin,  ada  jantan  ada  betina,  berdasarkan  karakteristik anggota tubuhnya, warna kulitnya dan sebagainya. Demikian juga dalam hal karya seni  rupa,  kita  dapat  membedakan  jenisnya  berdasarkan  fungsi  maupun bentuknya.

Berdasarkan  dimensinya,  karya  seni  rupa  terbagi  dua  yaitu,  karya  dua dimensi dan karya  tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi adalah Karya seni rupa yang mempunyai dua ukuran (panjang dan  lebar) sedangkan karya seni rupa tiga  dimensi  mempunyai  tiga  ukuran  (panjang,  lebar  dan  tebal)  atau  memiliki ruang.

Berdasarkan  kegunaan  atau  fungsinya,  karya  seni  rupa  digolongkan  ke dalam karya seni murni (pure art, fine art) dan seni pakai (useful art/applied art). Seni Murni  (pure  art/fine  art)  adalah  karya  seni  yang  diciptakan  semata-mata untuk  dinikmati  keindahan  atau  keunikannya  saja,  tanpa  atau  hampir  tidak memiliki fungsi praktis. Adapun Seni Pakai (useful art/applied art) adalah karya seni  rupa  yang  prinsip  pembentukannya  mengikuti  fungsi  tertentu  dalam kehidupan sehari-hari.

Selain  berdasarkan  dimensi  dan  fungsinya,  karya  seni  rupa  dapat  juga diketegorikan berdasarkan temanya. Tema dapat dikatakan sebagai pokok pikiran atau  persoalan  yang  mendasari  kegiatan  (dalam  hal  ini  kegiatan  berkesenian).



C.   Jenis Karya Seni Rupa

Ø Seni Lukis

Seni  lukis merupakan  kegiatan  pengolahan  unsur-unsur  seni  rupa  seperti garis,  bidang,  warna  dan  tekstur  pada  bidang  dua  dimensi.

Seni lukis di Arab Saudi menggambarkan Domestikasi Hewan. Kendati seni lukis purba bisa ditemui hampir di setiap negara, di Arab Saudi warisan seni ini tidak dikenal oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, laporan Sejarah Seni lukis Purba yang diterbitkan oleh Universitas Cambridge tahun 1998 tidak menyebutkan situs-situs seni lukis purba di Arab Saudi. Pada peta yang diterbitkan, tidak ada keterangan apapun di daerah semenanjung Arab mengenai hal ini alias kosong.

"Arab Saudi adalah satu dari empat wilayah yang terkaya di dunia untuk seni lukis batu, sama seperti di wilayah Afrika Selatan, Australia dan India. Wilayahnya memiliki konsentrasi besar situs-situs seni lukis purba, yang hingga kini belum disadari oleh dunia internasional. Ini berarti begitu banyak hal yang belum kita pelajari", begitu papar Robert Bednarik, pendiri dan presiden dari Federasi Internasional Organisasi Seni Lukis Batu (IFRAO).

Bednarik berkunjung ke Arab Saudi pada November lalu, termasuk melihat langsung ke lokasi penemuan terbaru dan terbesar yang terletak di daerah terpencil di Arab Saudi. Situs yang dikenal dengan nama Shuwaymas terletak setelah desa terdekat, diperkirakan keindahan dan kelengkapannya akan melampaui situs seni lukis batu di semenanjung Arab.

Berbeda jauh dengan Jubbah, Shuwaymas dikelilingi oleh bekas lava vulkanik hitam, bukan pasir, yang terletak di lembah kering di selatan dari propinsi Hail. Profesor Saad Abdul Aziz al-Rashid, deputi Kementrian Purbakala dan Museum menyebutnya sebagai temuan yang unik dan penting, dan menekankan bahwa situs itu bisa menjelaskan kepada kita mengenai awal mula domestikasi hewan. "Seperti seni lukis purba lainnya, ada beberapa batu kuno layang-layang, gundukan, ekor di daerah itu", jelas al-Rashid.

download selengkapnya disini gan
download file doc disini